#

Final-kan Rencana Induk dan Peta Jalan bersama Bappedalitbang Kabupaten Purworejo

Purworejo - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kabupaten Purworejo mengadakan Forum Group Discussion (FGD) bersama Creavill Indonesia pada Kamis (7/12). FGD diadakan di Kantor Bappedalitbang Purworejo dengan dihadiri 21 orang perwakilan yang terdiri dari perwakilan OPD. Tujuan diadakan FGD ini adalah untuk memaparkan hasil riset akhir tentang rencana induk dan peta jalan pemajuan IPTEK di Kabupaten Purworejo tahun 2024-2029.

FGD dibuka oleh xxx selaku Kepala Bappedalitbang dan dimoderatori oleh Sri Palupi M.Eng selaku Kepala Bidang Penelitian. Selanjutkan, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan hasil riset yang disampaikan oleh Deni Aditya Susanto, S.E., M.Ec. Dev. sebagai tenaga ahli Ekonomi Pembangunan dari Creavill Indonesia.

"Dilihat dari nasional dan jawa tengah, pertumbuhan ekonomi Kabupaten Purworejo lebih tinggi pada tahun 2019, 2021, dan 2022" Ucap Deni dalam pemaparannya

Purworejo memiliki kinerja ekonomi yang kuat dilihat berdasarkan pertumbuhan ekonomi yang selalu teratas diantara provinsi jawa tengah dan nasional per tahun 2019-2022. Hal ini terlihat dari tingkat stabilitas pertumbuhan ekonomi yang relatif baik, dengan fluktuasi yang tidak terlalu tinggi.

Selanjutnya dalam analisis kesenjangan ekosistem riset dan inovasi di daerah dijelaskan pula mengenai indikato, target dan kondisi riil dari masing-masing sub-bagiannya.

Hasil riset ini nantinya menjadi sinkronisasi dari bagian integral antara Rencana pembangunan jangka panjang daerah (RPJPD), Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD), dan Rencana Strategis (Renstra) perangkat daerah. Tujuannya adalah untuk mendukung kebijakan berbasis bukti mencakup peran pemerintah, otonomi daerah, research-evidence based policy, desentralisasi fiskal serta riset dan inovasi.

Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi dan penutup.