#

Optimalkan Awal Riset dengan Pendahuluan bersama Bappedalitbang Kabupaten Purworejo

Purworejo - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kabupaten Purworejo mengadakan Forum Group Discussion (FGD) bersama Creavill Indonesia pada Jum'at (21/10). FGD dilaksanakan di Ruang Rapat Barat Bappedalitbang Kabupaten Purworejo dan dihadiri oleh 14 orang perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Tujuan dilakukannya FGD ini adalah untuk melakukan diskusi dan paparan laporan pendahuluan mengenai penyusunan peta jalan kemajuan IPTEK di Kabupaten Purworejo.

FGD dibuka oleh Maria Dini Handajani, ST., M.Ap. selaku Sekretaris Bappedalitbang dan dilanjutkan dengan pengantar mengenai kebutuhan dilakukannya riset oleh Sri Palupi, S.E., M.Si selaku Kepala Bidang Bappedalitbang Kabupaten Purworejo sekaligus sebagai moderator jalannya diskusi.

Selanjutnya, dilakukan penyampaian paparan laporan pendahuluan yang disampaikan oleh Deny Aditya Susanto, S.E., M.Ec.Dev selaku tenaga ahli Creavill Indonesia. Dalam pemaparannya, Deny menyampaikan tema prioritas yang akan diusung dalam riset ini meliputi pertumbuhan, sektor unggulan pertanian, Sumber Daya Manusia berdaya saing, dan tata kelola pemerintahan. Tema tersebut mengacu pada tantangan dan peluang inovasi daerah berdasarkan riset pendahuluan yang telah dilakukan oleh Creavill.

"Peta jalan riset dan inovasi dalam dokumen ini menjadi pedoman OPD teknis melakukan riset dan inovasi sebelum eksekusi kebijakan. Ini yang disebut Kebijakan Berbasis Bukti, sehingga riset dan inovasi tidak diada-adakan di tengah jalan karena sudah ada peta jalannya." Ucap Deny sekaligus menjawab pertanyaan peserta FGD.

Kegiatan diakhiri dengan tanya jawab peserta dan arahan usulan riset. - (AIA)