#

Paparkan Progress Riset bersama Disparpora Kabupaten Magelang

Magelang - Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Magelang mengadakan Forum Group Discussion (FGD) bersama Creavill Indonesia pada Rabu (1/11). FGD dilaksanakan di Resto Ketep Pass dan dihadiri oleh 27 orang perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Tujuan dilakukannya FGD ini adalah untuk melakukan paparan progress dan diskusi mengenai Master Plan KSP B Kabupaten Magelang.

FGD dibuka oleh Ariska D selaku Staff Dispapora dan dilanjutkan dengan diskusi yang dipandu oleh Yusuf Indra Darmawan, S.Kom selaku Penata IIIc Analis Objek Wisata. Selanjutnya, dilakukan penyampaian paparan laporan antara yang disampaikan oleh Deny Aditya Susanto, S.E.,M.Ec.Dev selaku tenaga ahli bidang Ekonomi Pembangunan dan Novia Sari Ristianti, ST.,MT selaku tenaga ahli Perencanaan Wilayah dan Kota dari Creavill Indonesia.

Dalam pemaparannya, Deny menyampaikan pengelompokan DTW unggulan yang ada di Kabupaten Magelang menjadi 5 kategori yaitu air terjun, pendakian gunung, religi, wisata buatan dan desa wisata. Selain itu analisa yang dilihat juga mencakup daya tampung, kebutuhan ruang dan zonasi wisatanya.

Novia menambahkan, terdapat 12 destinasi yang memiliki potensi untuk berkembang. Inovasi dan sumber daya manusia yang unggul menjadi hal penting dalam keberlangsungan DTW.

"Harus terjadi trickle down effect di KSP B Magelang" Ujar Novia.

Trickle-down effect adalah dampak rembesan ke bawah. Dampak ini terjadi ketika ada integrasi secara spasial antara pusat pertumbuhan atau disebut sebagai kawasan potensial dengan kawasan penyangga di sekitarnya baik dalam hubungan ekonomi, sosial, maupun pengembangan kawasan. Sehingga harapannya DTW yang memiliki potensi lebih dapat memberikan dampak pada DTW lainnya.

Analisis permasalahan yang ada dilihat berdasarkan 4 faktor yaitu attraction, accesibility, amenity, dan anciliary dengan mengacu pada DTW yang dimiliki. Selain itu Novia turut memaparkan boufering untuk melakukan perencanaan, perlindungan lingkungan dan pemetaan zonasi dari wilayah KSP B. Buffering adalah analisis SIG yang menghasilkan daerah batasan melingkupi objek (wilayah baru).

Kegiatan diakhiri dengan tanya jawab peserta dan foto bersama. (AIA)