#

Tuntaskan Hingga Akar Ketep Pass bersama Bappeda Litbangda Kabupaten Magelang

Magelang - Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda Litbangda) Kabupaten Magelang mengadakan Forum Group Dicsussion (FGD) kembali pada tema sebelumnya bersama Creavill Indonesia pada Jumat (10/11). FGD dilaksanakan di Resto Ketep Pass dan dihadiri 20 orang terdiri dari staff Bappeda dan (Organisasi Perangkat Daerah) OPD terkait. Tujuan FGD ini adalah untuk membahas lebih dalam dan spesifik serta secara khusus mengenai Destinasi Tempat Wisata (DTW) Ketep Pass dari manajemen bisnis berkelanjutan BUMD.

FGD dibuka oleh Ari Kusumawati selaku Sekda dan dilanjutkan dengan diskusi yang dipandu oleh Puji Lestari, S.ST., MT selaku Kepala Bappeda Litbangda. Kemudian dilakukan pemaparan laporan akhir tambahan yang disampaikan oleh Deni Aditya Susanto, S.E.,M.Ec.Dev. sebagai tenaga ahli bidang Ekonkmi Pembangunan dari Creavill Indonesia.

Dalam sambutannya Ari Kusumawati, selaku Sekre Dispapora menyampaikan bahwa melalui riset ini harapannya potensi wisata dapat menjadi aset untuk meningkatkan PAD dan daya saing dengan daersh lain yang sudah berkembang serta dapat menumbuhkan pariwisata yang ada di Kabupaten Magelang.

Fokus pada FGD kali ini adalah pada DTW Ketep Pass yang memiliki potensi lebih diantara empat destinasi lainnya.

Berdasarkan hasil analisis yang ditemukan, alasan terhambat pendirian BUMD Ketep Pass adalah karena belum ada tata kelola, belum ada roadmap pendirian BUMD, dan masih adanya kepentingan bagi hasil.

"Strategi paling tepat adalah melakukan negosiasi dan rekonsiliasi antar semua pihak guna mencapai target bersama sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan" Ucap Deni pada akhir rekomendasi kebijakan yang dilakukan.

Kegiatan diakhiri dengan diskusi berupa masukan dan tanya jawab.