#

Gapai Puncak Riset dengan Laporan Akhir bersama Dispapora Kabupaten Magelang

Magelang - Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Magelang mengadakan Forum Group Discussion (FGD) bersama Creavill Indonesia pada Selasa (21/11). FGD dilaksanakan di Kantor Disprapora Magelang dan dihadiri oleh 30 orang perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Tujuan dilakukannya FGD ini adalah untuk melakukan paparan akhir hasil riset serta diskusi mengenai Master Plan KSP B Kabupaten Magelang.

FGD dibuka oleh Arif Rahman Hakim, S.Kom Penata TK I selaku Kabid Dispapora dan dilanjutkan dengan diskusi yang dipandu oleh Yusuf Indra Darmawan, S.Kom selaku Penata IIIc Analis Objek Wisata. Selanjutnya, dilakukan penyampaian paparan laporan akhir yang disampaikan oleh Deny Aditya Susanto, S.E.,M.Ec.Dev selaku tenaga ahli bidang Ekonomi Pembangunan dan Alfian Sayyid Haqqi selaku tenaga ahli Perencanaan Wilayah dan Kota dari Creavill Indonesia.

"Pariwisata diusulkan dan didorong untuk menjadi sektor unggulan pertama atau nomor satu sehagai etalase dari produk Kabupaten Magelang." Ungkap Arif dalam sambutannya.

KSP B Kabupaten Magelang memiliki cakupan wilayah Kecamatan Grabag, Kecamatan Ngablak, Kecamatan Tegalrejo, Kecamatan Pakis, Kecamatan Candimulyo, sebagian Kecamatan Sawangan, dan sebagian Kecamatan Secang.

"50% kawasan wilayah KSP B cocok dalam taraf sedang dan cukup untuk daya dukung lahan, artinya zona pandang vegetasi cocok untuk pengembangan wisata." Ungkap Deny dalam pemaparannya.

Deny turut menyampaikan hasil analisis kawasan yang telah dilakukan bersama tim dimulai dari deliniasi lokasi sampai pada temuan perumusan konsep yang digunakan.

Diakhir disampaikan pula mengenai rekomendasi konsep pengembangan yang telah dibagi sesuai ekowisata berdasarkan kondisi eksisting wisata alam yang dimiliki KSP B.

Kegiatan dilanjutkan dengan tanya jawab serta masukan dan saran dari peserta FGD kemudian diakhiri dengan penutup.