#

Garap Kajian Pasar Rakyat bersama Dindakop KabupatenMagelang

Magelang - Dinas Perdagangan Koperasi dan UMKM (Dindakop) Kabupaten Magelang mengadakan Forum Group Discussion (FGD) bersama Creavill Indonesia pada Jumat (9/12). FGD diadakan di Kantor Dinas Dindagkop dengan dihadiri 24 orang perwakilan yang terdiri dari beberapa pihak OPD dan kepala pasar wilayah kabupaten Magelang. Tujuan diadakan FGD ini adalah untuk mengadakan diskusi terbuka sebagai landasan dari riset tentang efektivitas revitalisasi pasar rakyat dan dampak pengelolaan pasar.

FGD dibuka oleh Drs. Basirul Hakim selaku Kepala Dindagkop dan dimoderatori oleh Wahyu Hernowo, S.T. M.Eng selaku Sekretaris Dindagkop Magelang. Selanjutkan, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan hasil riset pendahuluan yang disampaikan oleh Deni Aditya Susanto, S.E., M.Ec. Dev. sebagai tenaga ahli Ekonomi Pembangunan dari Creavill Indonesia.

"Pasar memiliki peran yang sangat banyak, bukan hanya sebagai supply tetapi juga sosial dan fiskal karena pasar merupakan instrumen fiskal pendapatan yang paling fluental yang dapat di direct" Ujar Deni dalam pemaparannya.

Satu kebijakan yang diterapkan di pasar dapat memberikan sebuah lompatan manfaat yang tinggi, sebaliknya apabila kebijakannya salah bisa berdampak terperosok kebawah.

Revitalisasi dilakukan untuk meningkatkan fungsi pasar sebagai sarana perdagangan rakyat sehingga menjadi bangunan yang aman, nyaman, bersih, tertata, dan lebih estetis (tidak kumuh). Revitalisasi pasar adalah memusatkan kembali peran pasar untuk memberikan dampak terhadap perekonomian. Salah satu analisis yang didapatkan adalah pembagian zona yang tidak sesuai dengan klasternya, sehingga mengakibatkan terjadinya sepi pengunjung.

Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi bersama peserta FGD dan diakhiri dengan penutup.